Mengenal Pagar BRC

Tingkat pencurian rumah belakangan faktanya makin meningkat. Hal ini dipicu lantaran lemahnya kondisi ekonomi tapi kebutuhan akan barang & jasa makin meningkat diiringi dengan mahalnya harga kebutuhan barang & jasa. Seseorang akan gelap mata untuk bisa bertahan hidup di tengah kerasnya kehidupan di zaman sekarang. Bahkan, tak sedikit yang nekad melakukan aksi pencurian di siang hari saat masih banyak orang berkeliaran & membuka mata untuk melakukan aktivitasnya. Bertolak dari kondisi ini, kewaspadaan harus ditingkatkan agar tidak menjadi korban pencurian rumah. Suatu wujud tindakan kewaspadaan yang bisa dilakukan adalah dengan memasang pagar BRC jika tidak ingin sewa jasa satpam karena akan menganggarkan pengeluaran rutin untuk gaji atau tidak ingin pelihara anjing karena seorang Muslim. Lebih dekat dengan pagar BRC melalui beberapa FAQ berikut:

Ada berapa jenis?

Secara umum, pagar BRC terdiri atas dua jenis yakni Hot Dip dan Elektro Plating. Hot Dip merupakan pagar BRC yang memiliki ketebalan galvanis oke. Tak heran kalau pagar BRC jenis ini mampu bertahan lebih kurang 8 sampai 10 tahun lamanya. Ciri dari pagar BRC dengan galvanis Hot Dip adalah permukaannya yang cenderung kasar. Elektro Plating merupakan pagar BRC dengan pelapisan menggunakan elektrokimia, di mana pagar BRC dicelup dalam cairan galvanis dengan arus listrik yang membawa partikel cairan sehingga mampu menempel pada pagar BRC. Proses ini membuat lapisan pagar BRC terlihat halus karena merata ke seluruh bagian pagar BRC. Hanya saja, besi baja Elektro Plating hanya bisa bertahan antara 2 sampai 4 tahun saja. Dari perbedaan ini, jelas harga oagar BRC Hot Dip lebih mahal dibanding Elektro Plating.

Apa keunggulannya?

Adapun beberapa keunggulan pagar BRC dibanding pagar besi lainnya, sebagai berikut:

  • Andal & hemat. Pagar BRC dapat bertahan bahkan hingga 10 tahun lamanya. Terutama pagar BRC dengan jenis Hot Dip yang dilapisi dengan galvanis yang tebal sehingga mampu tanah terhadap korosi. Bertolak dari kondisi ini, berarti bebas perawatan untuk pagar BRC sehingga dapat meminimalisir pengeluaran.
  • Pagar BRC terbilang praktis karena dalam proses pemasangannya yang terbilang mudah. Dalam pemasangan ini, pagar BRC akan direkatkan pada tiang pagar BRC (pipa besi) yang bisa dilakukan dengan dua cara yakni menggunakan baut atau klem U atau langsung dilas listrik.
  • Tidak perlu mengeluarkan budget khusus untuk bisa meminimalisir pencurian rumah dengan pagar BRC. Tidak lain karena harga untuk pagar BRC sendiri terbilang terjangkau untuk setiap kalangan.

Adakah perawatan khusus?

Pagar BRC bisa dibilang bebas perawatan sehingga bisa meminimalisir pengeluaran, apalagi untuk pagar BRC Hot Dip (pagar BRC yang memiliki kriteria permukaan kasar karena galvanis tebal sehingga bisa tahan hingga 10 tahun lamanya). Akan tetapi, untuk pagar BRC Elektro Plating (pagar BRC dengan menggunakan sistem pelapisan elektrokimia) butuh perawatan karena tidak begitu tahan terhadap korosi mengingat lapisan galvanis terbilang tipis. Pengecatan ulang, salah satu tindakan perawatan untuk pagar BRC Elektro Plating agar tetap enak dilihat dan tahan lama. Cat dapat menghindarkan pagar BRC kontak langsung dengan udara dan air sehingga dapat mencegah korosi. Cat yang disarankan mengandung zink (seng).

Saat akan beli pagar BRC, sebaiknya pertimbangkan tips berikut untuk penghematan biaya: carilah distributor resmi pagar BRC (harga distributor biasanya lebih murah dibanding hagar di agen/pengecer), lakukan pengukuran di tempat yang akan dipasang pagar BRC (jangan sampai terlalu banyak membeli pagar BRC karena mubazir), dan lakukan perbandingan biaya di beberapa penyedia online. Semoga berhasil 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *